3 Penyebab Printer Epson Tidak Mengeluarkan Tinta Saat Mencetak

By Ilhami

Bisa dikatakan Epson sudah tidak diragukan lagi akan kualitasnya. Namun tahukah Anda bahwa dalam penggunaanya sering juga mengalami yang namanya error. Sebagai contoh printer tidak terdeteksi, tidak bisa menarik kertas, bahkan sampai printer tidak keluar tinta saat dipakai.

Printer Epson Bermasalah? Ini Penyebabnya

Biasanya ketika sedang error dimana tidak mengeluarkan tinta, seringkali memang tidak menunjukkan gejala. Lampu indikator pun tidak berkedip dan perangkat dalam keadaan ready to print. Namun pada saat akan dipakai untuk mencetak file, hasil yang keluar adalah bergaris, bahkan sering tidak ada tintanya sama sekali.

Oleh sebab itu sebelum melangkah lebih lanjut, maka yang pertama yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan Nozzle Check. Tentunya dengan pengecekan ini maka Anda akan tahu apakah yang bermasalah itu cartridge hitam atau warna.

Apabila nanti masalahnya tidak terlalu serius, itu artinya printer masih bisa keluar namun dalam bentuk putus putus, dan umumnya bisa teratasi dengan melakukan head cleaning. Print head pun juga kerap sekali kotor setelah digunakan berkali kali sampai akhirnya menghambat tinta mengalir.

Hingga hasilnya print out-nya pun akan menjadi putus putus atau bergaris. Penyebab tinta printer ini pun tidak keluar juga karena kemungkinan terdapat angin didalam sistem. Apabila misalnya ini terjadi, maka tinta yang keluar akan bercampur dengan udara dimana hasil printnya putus-putus.

Bahkan yang lebih parah lagi yaitu yang keluar hanya angin saja. Penyebab terakhir juga mungkin karena head yang sudah rusak disebabkan pemakaian yang terlalu sering. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut panduannya.

1. Menghapus Antrean

Cara mengatasi printer Epson ready namun tidak bisa melakukan print yaitu dengan mengatur sistem antrean printer. Sering sekali, antrean cetak dari PC pun bisa mengalami macet.  Hal ini bisa disebabkan karena dokumen sebelumnya yang gagal dicetak. Untuk mengatasi printer yang macet ini maka berikut caranya:

  1. Pertama klik kanan pada ikon printer di area notifikasi Windows.
  2. Setelah itu pilih Open All Printer untuk melihat seperti apa daftar item yang sedang antre.
  3. Kemudian klik kanan pada item yang macet, lalu pilih Cancel.
  4. Jika Anda adalah pengguna macOS, maka bisa melihat antrean dengan cara menekan menu System Preferences.
  5. Terakhir, pilih Printers & Scanners dan Open Print Queue.

2. Menggunakan Command Prompt

Bukan hanya bisa menghapus secara manual, jika ingin mengatasi printer yang sudah ready namun tidak bisa melakukan print yaitu dengan menggunakan fitur Command Prompt. Fitur ini pun lebih dikenal dengan CMD, juga mampu menghapus printer yang macet melalui cara berikut:

  • Ketik Command Prompt di Fitur Pencarian
  • Klik Start
  • Ketik Command Prompt di bagian pencarian.
  • Selanjutnya, klik kanan Command Prompt yang muncul.
  • Terakhir, pilih Run as administrator.

3. Cek Jaringan

Apabila misalnya Anda menggunakan printer Epson tanpa kabel, maka pastikan jaringan yang terhubung ke printer cukup kuat. Setelahkan bisa menggunakan perintah berikut:

  1. Klik Start, kemudian pilih menu Settings.
  2. Lalu setelah itu pilih menu Devices, lalu masuk ke Printers & Scanners.
  3. Terakhir tekan tombol Add a printer or Scanner untuk menghubungkan printer dengan laptop Anda menggunakan jaringan wifi.

Masalah memang sering terjadi pada printer Epson, dimana hal ini bisa terjadi karena sudah lama dipakai. Jika masih baru dan bermasalah, maka silahkan mengikuti cara di atas.